Free Web Hosting with Website Builder
Custom Search

Membuat Defrag Otomatis

MEMBUAT DEFRAG OTOMATIS DENGAN ITEM KONTEKS BARU

Assallammualaikum salam hangat dan sukses selalu. Rekan-rekan netter semua pasti sudah tahu, salah satu fungsi fasilitas yang include pada windows yaitu Disk Defragmenter yang berfungsi untuk menganalisa file system dan data yang ada pada satu drive untuk kemudian disusun kembali sesuai dengan struktur file pada windows dan ini sedikit membantu untuk mempercepat pembacaan file dan data pada drive yang ada dikomputer.

Pada tulisan ini sedikit mengulas untuk membuat defrag otomatis dengan membuat sendiri perintahnya. Untuk membuat Registry yang baru dengan cara mengimport file dengan nama context_defrag.inf dengan menggunakan fasilitas notepad (pastikan untuk menyimpan file ini dengan type extension file tersebut dan bukan sebagai text documents) dan ketikan koding dibawah ini :


; context_defrag.INF

; Adds Defrag to the right click context menu in Windows XP

[version]
signature="$CHICAGO$"

[DefaultInstall]
AddReg=AddMe

[AddMe]

HKCR,"Drive\Shell\Defrag\command",,,"DEFRAG.EXE %1"

Kemudian, klik kanan dan pilih Instal. Ini akan menambahkan suatu menu konteks ke XP yang mengijinkan kamu untuk secara otomatis mendefrag drive kamu, menggunakan perintah text koding dari built-in utility defragmentation. Untuk menggunakan fasilitas ini, bisa menggunakan menu drive yang ada di My Computer, Klik kanan, kemudian pilih manage dan pilih menu Disk Defragmenter. Dengan menggunakan printah koding tadi, apabila kita mendefrag drive sampai selesai (complete) maka menu perintah akan hilang dengan sendirinya.

Update: Untuk menghapus fungsi ini, Buka regedit.exe lewat menu Run dan cari file itu pada lokasi :

HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell\

Kemudian hapus folder defrag dan tutup fasilitas Regedit.

Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan dan semoga berhasil. Artikel ini dibuat hanya untuk berbagi sedikit pengetahuan saja dan tidak bertanggung jawab atas penggunaannya.

Referensi : winsupersite.com

0 komentar:

Post a Comment