Free Web Hosting with Website Builder
Custom Search

Keseimbangan Air di dalam tubuh kita

Keseimbangan Air di dalam tubuh kita

Assallammualaikum netter semua yang kebetulan mampir dan membaca tulisan ini, salam hangat dan sukses selalu. Tulisan ini saya buat ingin sharing sedikit mengenai pengalaman kesehatan yang sudah di alami istri saya dan ditambah sedang menjalani kehamilan di usia 4 bulan jalan ini dan mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membacanya. Ada sedikit pertanyaan buat saya dan mudah-mudahan buat kita semua untuk introspeksi mengenai supply air bagi tubuh dan kesehatan, sbb :

1. Berapa gelas / literkah air minum setiap hari kita konsumsi?
2. Sudah seimbangkah supply air minum yang kita konsumsi untuk tubuh kita?
3. Suka menahankah kita disaat ingin buang air kencing?

Disadari atau tanpa kita sadari aktivitas yang kita lakukan setiap harinya, baik itu seorang pekerja kantoran, rumah tangga, mahasiswa dan masih banyak lainnya. Pasti banyak mengeluarkan cairan di dalam tubuh kita yang jumlahnya mungkin beda-beda tiap orangnya tergantung aktivitas dan inputannya. Mungkin banyak diantara kita yang memang tahu atau tidak tahu mengenai pentingnya supply air minum bagi keseimbangan tubuh kita, sehingga penyakit yang ditimbulkan oleh kurang/tidak seimbangnya suplly air bagi tubuh kita bisa diminimalisir. Seperti Dehidrasi, ginjal, infeksi saluran kencing dan masih banyak lagi penyakit yang ditimbulkan dari minimnya supply air bagi tubuh kita.

Seperti yang kta ketahui air mempunyai beberapa fungsi diataranya sbb :

 Sebagai pelarut zat-zat gizi & alat angkut sisa metabolisme.
 Katalisator dalam berbagai reaksi biologis dalam sel terutama saluran cerna.
 Pelumas dalam cairan sendi-sendi tubuh.
 Pengatur suhu, karena kemampuan air dalam menyalurkan panas.
 Peredam benturan, air dalam mata & jaringan saraf tulang belakang.

Cairan tubuh yang merupakan bagian utama tubuh:
55 – 60% BB orang dewasa & 75% BB bayi adalah cairan
Distribusi cairan dalam tubuh:
1. Cairan Ekstraselular (cairan di luar sel): 20-25% BB, terbagi menjadi:
- Cairan Intravaskular (plasma darah)
- Cairan Interstisial (cairan di sela-sela sel)
2. Cairan Intraselular (cairan di dlm sel): 35-40% BB
Adapun keberadaan elektrolit tubuh adalah seperti pada tabel dibawah ini :


Seperti yang di alami istri saya, karena memang sedang menjalani usia kehamilan masa awal kehamilan sampai 4 bulan (mungkin ada yang lebih) itu terjadi perubahan hormon yang mempengaruhi tubuh wanita hamil, seperti terkadang suka eneg, mual mau muntah, sensitifitas indra penciuman lebih peka dan masih banyak lagi. Yang dialami istri saya salah satunya yang mempengaruhi sehingga dia jadi malas untuk minum adalah penciuman terhadap air lebih peka dan terasa tidak enak untuk diminum karena membuat mual dan eneg. Karena mungkin sudah ada rangsangan negatif (menolak) terhadap pikiran dan perasaan bahwa air itu tidak enak dan membuat eneg, sehingga mengakibatkan timbul malas untuk minum air karena pengaruh itu.

Dengan minimnya supply air yang dikonsumsi untuk tubuh tiap harinya, sementara ginjal dan saluran untuk kencing memang terus bekerja tiap hari sesuai dengan fungsinya. Sehingga mengakibatkan ketidak seimbangan antara air yang dimasukan dan dikeluarkan, kemudian timbul awalnya bibit kuman penyebab penyakit. Dan yang dialami istri saya adalah awal infeksi saluran kencing, karena memang minim dan mungkin bisa dibilang jarang sekali minum karena merasa eneg, mual mau muntah kalo mencium atau meninum air. Kemudian gambaran dan masukan buat saya juga, mudah-mudahan untuk netter semua dan kebetulan ada ibu hamil yang mengalami kondisi hampir sama dengan kondisi istri saya susah dan malas untuk minum air terutama air putih, usahakan, paksakan dan lawan pikiran malas atau eneg untuk minum air karena memang besar sekali efek yang diakibatkan bagi kondisi tubuh. Dan diusahakan apabila kita ingin buang air kecil jangan menahan-menahan apalagi sampai lama. Itu bisa mengakibatkan salah satu bibit penyebab penyakit seperti infeksi saluran kencing dan batu ginjal juga. Kesemuanya itu demi menjaga kondisi tubuh kita supaya tetap seimbang dan sehat, karena memang sehat itu mahal.

Untuk mengetahui berapa liter supply air yang dibutuhkan untuk tubuh kita, guna menjaga agar kebutuhan air bagi tubuh kita tetap seimbang, kita bisa melihat pada tabel di bawah ini sebagai referensi :



Jagalah kesehatan dari sekarang juga, karena sehat itu mahal.

Referensi : Pusparini (Mata Kuliah Gizi)

Bravo IT Indonesia maju terus dan salam hangat selalu :-)

0 komentar:

Post a Comment